--> Skip to main content

Kriteria Template Blog Yang Responsive Dan Cara Mengetahuinya

Assalaamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

– Hello guys, pernah ga sih kau galau saat mau milih template / theme pada blog? Seorang blogger yang akan menciptakan blog ataupun sudah mempunyai blog harus memperhatikan saat akan menggunakan template blogger yang nantinya akan dipakai di blognya. Sebab template ini yang sanggup menciptakan pengunjung betah atau tidaknya nanti untuk mengunjungi blog / website kamu.

Kalau pengunjung melihat template blogmu keren maka mereka akan betah untuk berlama-lama di blogmu, selain keren kau juga perlu memperhatikan kecepatan (speed) loading blog kamu. Sebab buat apa tampilan blog keren tapi kalau saat dibuka halaman blogmu begitu lemot dan lama, aku pun kalau sebagai pengunjung merasa kurang nyaman.

Apalagi belakangan ini banyak sekali template untuk blog yang bertebaran di internet baik itu yang gratisan atau free dan yang premium (dengan cara membeli). Beruntungnya buat kau yang mempunyai template premium hasil dari membeli ialah saat kau mengalami error atau kerusakan pada template maka kau sanggup complain / mengadukan kepada si pembuat template daerah kau membelinya semoga si empu template tersebut memberi tau bagaimana cara memperbaikinya.

Namun apabila kau menggunakan template hasil download yang gratis, kalau terjadi kerusakan dan error maka kau harus membenarkannya sendiri. Mau tidak mau, suka dan tidak suka kau pun harus sedikit mengerti basic HTML dasar semoga sanggup mengatasi template yang rusak. Nah kalau kau lagi galau nyari template yang anggun tuh ibarat apa, coba perhatikan beberapa kriteria template blog yang anggun dan layak untuk digunakan.

Kalo begitu sebenernya apa aja sih kriteria template yang anggun untuk digunakan? Kalo mau tau silahkan baca terus artikel ini hingga selesai.

Kriteria Template Bagus Untuk Blog


 pernah ga sih kau galau saat mau milih template  Kriteria Template Blog yang Responsive dan Cara Mengetahuinya

Template blog yang anggun setidaknya mempunyai beberapa aspek penting didalamnya, yaitu :

1. Warna


Oke kita masuk ke warna, ini sering menjadi duduk masalah dan perdebatan di kalangan blogger. Banyak mereka yang menganggap bahwa template yang anggun ialah yang menggunakan background yang terang (warna putih) dan font warna hitam, menurutku itu memang benar tapi itu balik ke diri langsung masing-masing orang. Banyak juga kok template yang menggunakan background gelap (warna hitam) dan font putih tapi tetap terlihat clean dan rapih. Salah satunya ialah yang sedang kau baca di blog konten gaptek ini yang menggunakan template berwarna gelap.

2. Navigasi Rapi


Template tidak akan lengkap kalau tanpa adanya navigasi. Navigasi ini untuk memudahkan pengunjung untuk mengetahui apa aja sih yang dibahas pada blog / website yang sedang dikunjungi, lantaran di navigasi ini ialah daerah untuk mencari topic/kategori konten yang dibahas pada sebuah blog. Dengan adanya navigasi sanggup menciptakan akomodasi bagi visitor blogmu menemukan artikel / konten yang mereka cari.

Jangan hingga template blog yang kau gunakan mempunyai navigasi yang tidak jelas, bisa-bisa nanti visitor blogmu sanggup kabur deh dan enggan untuk balik lagi.

3. SEO


Ini juga penting banget, SEO menjadi kebutuhan pokok bagi blogger semoga artikel mereka sanggup bersaing dengan para competitor di SERP. Nah maka dari itu kau pun harus menggunakan template yang sudah support SEO. Untuk mengetahui apakah template sudah seo atau tidaknya salah satunya ialah dengan mengecek apakah template tersebut support dan valid HTML serta CSS atau tidak, meta tag nya lengkap atau tidak, javascript nya terlalu banyak atau tidak, dan lain sebagainya.

Jika iya maka template tersebut layak dan boleh kau pertimbangkan untuk memakainya.

4. Font yang Elegan


Banyak sekali blogger yang menggunakan template dengan menggunakan font (jenis huruf) aneh-aneh dan hal ini bikin sakit mata menurutku, lantaran aku melihat kalau dari sisi pengunjung itu melihatnya saja sudah malas dan membosankan. Apalagi untuk membaca konten di blog tersebut, hmmm itu hal yang tidak mungkin kalau pengunjung akan betah di blog kamu, kecuali memang konten yang kau sajikan di blog bermanfaat dan mempunyai kualitas tinggi.


Jadi dalam menentukan font paling tidak kau harus menggunakan font yang yummy dilihat dan dibaca, contohnya ibarat font times new roman, verdana, calibri, atau arial, dll.

5. Fast Loading


Selanjutnya ialah dalam menentukan template blogger kriteria yang harus kau perhatikan ialah kecepatan loadingnya. Jangan hingga template sudah rapi dan bagus, akan tetapi kecepatan loading untuk memuat halaman saja membutuhkan waktu yang lama. Please Guys pengunjung tidak mempunyai banyak waktu, zaman kini semua orang ingin serba cepat begitupun untuk mendapat isu dari sebuah blog niscaya pun harus cepat juga.


Pastikan loading blog kau tidak terlalu lama, semaksimal-maksimalnya ialah 10 detik jangan hingga melebihi dari itu kalau kau tidak ingin kehilangan pengunjung blog. 

6. Tata Letak


Selanjutnya ialah tataletak widget, template yang anggun ialah ditandai dengan cirinya tidak menggunakan widget yang terlihat kurang penting ibarat widget jam, efek animasi bergerak, dll. Coba perhatikan dan periksa kembali template blog yang kau gunakan, pastikan semoga tidak ada widget sampah yang hanya akan menciptakan loading blogmu semakin usang dan berat.

Gunakanlah widget yang penting-penting saja dan jangan terlalu berlebihan cukup misalnya popular post, arsip, dan label itu sudah memuat semuanya kok.

7. Responsive


Nah kita menuju point terakhir yaitu responsive. Apasih itu responsive? Kaprikornus gini guys, maksudnya ialah kalau blog / website kau dibuka menggunakan dari banyak sekali device (perangkat) itu tampilan templatenya tidak rusak dan berantakan, tapi tetap utuh rapi walaupun berubah-ubah ukuran sesuai dengan device.

Seperti yang kita tau sendiri bahwa tidak semua orang menggunakan perangkat yang sama saat mengunjungi blog kamu, ada yang menggunakan smartphone dan ada juga yang menggunakan PC / Laptop. Jika template yang tidak responsive begitu dibuka disalah satu perangkat maka akan ada beberapa cuilan dari template tersebut yang terlihat cacat dan rusak.

Nah buat mengatahui semoga template yang kau gunakan responsive atau tidak, aku ada solusinya nih yaitu dengan mengunjungi sebuah situs yang didalamnya tersedia tools untuk mengecek template yang responsive.

Cara Mengetahui Responsive Suatu Template



Cara Pertama
1.   Pertama, silahkan kau kunjungi situs ami.responsivedesign.is/
2.   Kedua, sehabis halaman situs terbuka, silahkan masukkan url blog / website yang ingin kau cek pada kolom yang sudah tersedia.

 pernah ga sih kau galau saat mau milih template  Kriteria Template Blog yang Responsive dan Cara Mengetahuinya

3.   Tunggu hingga loading selesai, dan sehabis itu akan terbuka tampilan blog kau dari banyak sekali perangkat mulai dari smartphone yang berukuran kecil hingga komputer berukuran lebar.

 pernah ga sih kau galau saat mau milih template  Kriteria Template Blog yang Responsive dan Cara Mengetahuinya

Cara Kedua
1.   Pertama, silahkan kau kunjungi situs troy.labs.daum.net
2.   Kedua, masukkan link blog kau di kolom pencarian yang telah tersedia.
3.   Ketiga, akan muncul tampilan blog kau dari banyak sekali perangkat. Tinggal kau cek satu-persatu blog kau dari beberapa perangkat yang telah tersedia di tools ini.

 pernah ga sih kau galau saat mau milih template  Kriteria Template Blog yang Responsive dan Cara Mengetahuinya

Sampai disini, kau telah berhasil mengeceknya. Coba kau lihat pada tampilannya kalau ada widget atau templatenya jadi berserakan berarti itu mengambarkan template yang kau gunakan tidak responsive.
Cara pertama dan kedua sama saja, namun kalau menggunakan cara yang kedua fitur toolsnya lebih lengkap.

Oke hingga disini dulu, ulasan kali ini.
SEOmoga sanggup bermanfaat.

Wassalaamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar