--> Skip to main content

Alexa Rank : Pengertian, Cara Mengecek, Dan Cara Meningkatkannya

Assalaamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

– setiap blog / website masing-masing mempunyai keunggulan tersendiri, paling tidak ada hal istimewa atau nilai yang sanggup diambil, salah satunya ialah yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini yaitu perihal “Alexa Rank”, masih banyak sekali blogger yang belum mengetahui perihal alexa rank ini.

Nah, kau udah pada tau belum sih sama alexa ? baiklah kalau belum tau yuk kenalan dulu.

Apa Itu Alexa Rank?


 paling tidak ada hal istimewa atau nilai yang sanggup diambil Alexa Rank : Pengertian, Cara Mengecek, dan Cara Meningkatkannya

Alexa ialah nilai atau peringkat dari sebuah situs blog / website. Alexa ini berbentuk kisaran angka, semakin kecil angka nya maka semakin cantik untuk blog. Biasanya blog yang masih gres akan mempunyai rank yang besar, atau bahkan belum mempunyai rank alexa, tapi nanti seiring bertambahnya usia blog maka nilai alexa rank akan muncul secara otomatis dengan sendirinya. Begitupun sebaliknya blog yang sudah berusia panjang dan usang niscaya akan mempunyai nilai rank alexa yang kecil.

Kenapa rank semakin kecil semakin baik? Modelnya sama saja ibarat kau dikala sekolah, apakah yang tercerdas akan mendapatkan rank besar? tentu saja tidak bukan, justru yang berilmu akan mendapatkan rank yang kecil, dan seterusnya berurutan hingga yang tidak terlalu cerdas. Begitu pula dengan alexa rank semakin blog dan website itu mempunyai kualitas yang cantik maka semakin menciptakan rank alexa mengecil.

Alexa rank terdiri dari 2 jenis yaitu Alexa Rank Global (Peringkat Dunia) dan (Alexa Rank in Indonesia). Untuk alexa rank global nilainya niscaya akan lebih besar lantaran ini meliputi seluruh blog dan website yang ada di dunia, berbeda dengan alexa rank in Indonesia yang hanya meliputi di Negara Indonesia saja niscaya nilainya akan jauh lebih kecil ketimbang alexa rank global.

Cara Mengecek Nilai Alexa Rank


Bagaimana cara mengecek nya ? nah kalau kau ingin tau dengan peringkat blog / website kamu, yuk ikutin beberapa langkah simpel di bawah ini.
  1. Pertama, silahkan kau kunjungi situs https://www.alexa.com/siteinfo/
  2. Kedua, sesudah itu akan muncul halaman situs alexa dan silahkan kau masukkan link situs blog / website kau ke dalam kolom yang telah tersedia.
  3. Ketiga, tunggu hingga loading final maka sesudah itu akan muncul isu perihal peringkat alexa rank situs kamu.


Sampai disini kau telah berhasil mengeceknya, coba kau otak-atik dan lihat beberapa isu yang dijelaskan di situs alexa. Disana terdapat isu bounce rate, daily pageview per visitor, dan daily time on site. Dari sana kau sanggup banyak mengetahui aneka macam data isu penting dari situs blog / web kamu.

Cara Mengecilkan Nilai Alexa Rank


Setelah berhasil mengecek peringkat nilai alexa rank, apa reaksimu yang kau dapatkan? Terkejut lantaran nilai alexa situsmu besar atau justru malah sebaliknya terkejut lantaran nilai alexa situsmu kecil. Selamat kalau situs blog / web kau mempunyai rank alexa yang kecil itu mengambarkan situs kau berkualitas dan layak untuk mendapatkan peringkat dari alexa, nah buat kau yang situsnya mempunyai rank alexa yang besar jangan berputus asa dan bersedih hati.

Nilai alexa rank yang besar masih sanggup diatasi dengan sedikit tips biar nilai alexa tersebut sanggup mengecil ibarat yang akan dijelaskan di artikel kali ini, apa aja itu tipsnya? Yuk disimak.

1. Update Rutin


Nah cara yang paling utama untuk mengecilkan nilai alexa rank ialah dengan kau selalu isitiqomah / rutin mengupate konten artikel yang ada di situs blog / web kamu. Semakin kau rajin dan rutin mengupdate konten maka kemungkinan besar akan memicu nilai rank alexa mengecil. Tetapi disini kau juga harus memperhatikan konten yang kau buat, pastikan berkualitas dan bermanfaat bagi orang banyak, dan tentunya juga konten tersebut harus fresh dan murni buatan kau sendiri, bukan hasil copy paste atau melaksanakan tekhnik black hat ibarat melaksanakan AGC (Auto Generate Content) dan Spinning Content.

Untuk melaksanakan dan mempermudah biar kau sanggup tetap rajin dalam mengupdate konten, kau harus mempunyai inspirasi dan penemuan yang banyak biar sanggup dijadikan materi dalam kau menulis konten. 

2. Backlink Berkualitas


Backlink menjadi penentu salah satu mengecilnya nilai rank alexa, semakin banyak backlink maka semakin cantik untuk peringkat alexa rank situs. Tapi kau juga harus memperhatikan jenis backlink antara backlink yang berkualitas baik dan rendah, alasannya ialah kalau situs blog / web kau banyak backlink yang berkualitas rendah maka dipastikan bukannya nilai rank alexa mengecil justru malah membesar.

Untuk itu perlunya keberhati-hatian dalam mendapatkan dan mencari backlink, jangan hingga asal menanam di sembarang situs yang bereputasi rendah dan berbau spam. Jika blog kau sudah terlanjur banyak backlink dari blog yang reputasinya jelek, maka kau harus segera menghapus backlink tersebut caranya ialah dengan memakai fitur disavow link yang tersedia di Google Web Master Tools. 

3. Trafik Tinggi


Selanjutnya ialah trafik yang tinggi dalam sebuah situs blog / web sanggup menghipnotis proses mengecilnya nilai rank alexa, ibarat yang sudah saya katakan di paragraph sebelumnya biasanya blog yang sudah berusia usang akan mempunyai nilai rank alexa yang cantik dan kecil, hal ini disebabkan lantaran blog tersebut sudah usang terbentuk.

Jika kau mempunyai blog yang gres saja dibentuk dan belum mempunyai banyak pengunjung, jangan terlalu berharap besar alexa rank akan mengecil. Langkah awal yang kau harus lakukan ialah dengan memperbanyak visitor terlebih dahulu supaya sanggup mengecilkan nilai rank alexa itu sendiri.

Nah itulah 3 point penting untuk mengecilkan nilai alexa rank, menjadi epilog pada artikel kali ini.
SEOmoga bermanfaat.


Wassalaamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar