--> Skip to main content

Pengertian Ssl Certificate Dan Cara Memasangnya

Assalaamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

blog kemudian final dan dibiarkan begitu saja, tidak hanya sebatas itu tapi kau juga harus memperhatikan beberapa komponen penting yang harus kau lakukan terhadap blog / website kamu. Salah satunya yaitu yang akan saya bahas di ulasan artikel kali ini.

Yapz pembahasan pada artikel kali ini perihal SSL. SSL yaitu salah satu komponen pecahan penting di blog, kalau blog yang telah memasang SSL maka blog tersebut sanggup meminimalisir dari acara pencurian, sadap, hack, atau hal lainnya terkait dengan data identitas kau dan pengunjung ketika mengunjungi suatu blog mu. Blog yang tidak menggunakan SSL certificate (HTTPS) akan lebih rentan terkena acara pencurian data, dan selain itu juga kalau diliat dari pandangan mesin pencari Google blog tersebut sanggup dianggap sampah bahkan blog penipu (ilmu yang saya sanggup dari salah satu workshop yang saya ikuti), dan yang lebih parahnya lagi ketika ada visitor yang membuka blog kau melalui browser chrome dan blog yang kau punya tersebut tidak menggunakan SSL maka google chrome akan memperlihatkan notifikasi peringatan tidak aman.

Jika hal tersebut terjadi, tidak menutup kemungkinan akan menciptakan pengunjung kau kabur dan enggan untuk mengunjungi blog kau lagi. Sebab mereka merasa khawatir kalau data dan info eksklusif mereka akan tercuri / dihack seseorang. Nah, buat mengatasi semoga tidak terjadi hal demikian maka sudah saatnya kau untuk memasang SSL Certificate di blog kamu, mau tau cara nya bagaimana? Simak terus ulasan ini hingga selesai. 

Apa Itu SSL?


 Menjadi blogger tidak hanya sekedar menciptakan  Pengertian SSL Certificate dan Cara Memasangnya

Secure Socket Layer (SSL) adalah sebuah pengaman yang akan memproteksi blog / website yang kau miliki, dengan kehadiran SSL sanggup menciptakan blog kau terlihat lebih professional dan keren. Begitupun Google akan menganggap blog yang menggunakan SSL lebih baik daripada yang tidak menggunakan SSL, dan ini juga sanggup kuat di hasil SERP Google. Keberadaan SSL dalam sebuah blog itu bagaikan sebuah rumah yang mempunyai gerbang pagar atau pintu. Coba kau bayangkan jikalau rumah tanpa adanya pintu ataupun pagar niscaya rumah tersebut akan lebih gampang diincar maling dan dicuri.


Nah, begitu juga dengan layaknya blog (rumah) yang membutuhkan SSL (pintu) agar terhindar dari segala acara yang akan merugikan bagi pemilik blog dan juga bagi pengunjung yang mendatangi blog kamu. Kamu perlu memproteksi dengan pemanis keamanan berupa SSL Certificate.

Bagaimana Cara Memasang SSL di Blogspot?


Lantas bagaimana caranya memasang SSL Certificate pada blogspot? Caranya cukup mudah, berikut langkah-langkahnya.

1.   Pertama, kau masuk ke dashboard blogspot (blogger.com),
2.   Kedua, masuk ke sajian setelan atau pengaturan,
3.   Ketiga, masuk ke sajian dasar,

 Menjadi blogger tidak hanya sekedar menciptakan  Pengertian SSL Certificate dan Cara Memasangnya

4.   Keempat, pada keterangan ketersediaan HTTPS ubah dari Tidak menjadi Ya,

 Menjadi blogger tidak hanya sekedar menciptakan  Pengertian SSL Certificate dan Cara Memasangnya
5.   Kelima, silahkan cek dan buka blog kamu.

Catatan
Silahkan kau menuju sajian pengalihan HTTPS kemudian ubah juga dari Tidak menjadi Ya, hal ini semoga setiap pengunjung yang membuka HTTP akan redirect otomatis ke HTTPS

Nah kini blog kau sudah terproteksi dan menggunakan SSL, coba kau buka blog dan lihat ke address kafe kemudian lihatlah perubahan yang terjadi di pecahan url blog kamu. Sekarang ada pemanis HTTPS sebelum nama blog kamu.

Mengapa Harus Pasang SSL?



Mengapa harus memasang SSL? Jawaban utama yaitu semoga blog / website yang kau miliki lebih kondusif dari acara yang menyerupai sudah saya jelaskan di paragraph awal. Saya juga masih sering melihat blog yang belum menggunakan SSL Certificate padahal bagi kau yang menggunakan platform blogspot SSL Certificate itu diberikan secara gratis dan seumur hidup, berbeda dengan yang menggunakan platform wordpress self hosted yang membutuhkan biaya pemanis untuk membeli SSL Certificate.

Harga SSL Certificate saja tergolong tidak mengecewakan mahal, bahkan hingga sanggup mengalahkan harga satu domain TLD (.COM, .NET, .WEB.ID, DLL) nah kini kau sudah tahu dan kebayang kan kira-kira berapa ratus ribu harga untuk SSL Certificate. Dan ini yaitu salah satu laba buat kau yang menggunakan platform blogspot lantaran tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli SSL, tapi tinggal kau memasangnya saja di blog yang kau inginkan.

Tetapi sudah dikasih gratis, tetap saja masih banyak blogger yang enggan memasang SSL pada blognya. Entah mereka tidak tahu caranya atau mereka memang mempunyai alasan tidak memasang SSL, menyerupai beberapa blogger yang saya ketahui mereka tidak memasang SSL pada blog nya yaitu disebabkan kalau menggunakan SSL maka iklan Adsense yang ada di blog tidak sanggup tayang atau tampil.

Padahal tampaknya tidak ada efek nya blog yang menggunakan SSL atau tidak dengan tayang dan tidaknya iklan Adsense, mungkin ada beberapa dari artikel mereka yang memang melanggar kebijakan Adsense sehingga pihak google tidak menayangkan di beberapa halaman tertentu yang terindikasi spam dan pelanggaran.

Nah daripada menyia-nyiakan fitur yang sudah ada ini, kan sayang banget kalo tidak digunakan, kalo kata orang mah mubazir, hehe.. yuk kini kita pakai SSL Certificate untuk blog.

Oke sekian dulu ulasan kali ini, SEOmoga bermanfaat!

Wassalaamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar