--> Skip to main content

Membangun Indonesia Yang Smart City Melalui Teknologi

Membangun Indonesia yang Smart City Melalui Teknologi Membangun Indonesia yang Smart City Melalui Teknologi
Image Source: www.govtech.com

– Pernahkah terbayang di pikiran Kamu ibarat apa kondisi dunia di masa yang akan datang. Jika kita melihat kilas balik dari kehidupan tentu saja sangat berbeda dengan zaman sekarang. Dimana yang dahulunya tak ada internet, kini hampir seluruh tempat telah dijangkau oleh konektivitas internet. Kecanggihan teknologi juga kian hari selalu saja memunculkan penemuan baru, ini semua merupakan peradaban zaman yang tak bisa dihindari.

Sekarang saja kita sudah masuk menuju masa revolusi industri 4.0 dimana nanti segalanya akan dilengkapi dengan kecanggihan teknologi. Jangan heran kalau nanti seluruh kegiatan insan akan ketergantungan dengan teknologi, asalkan itu membawa kasatmata dan bisa menimbulkan Indonesia yang lebih baik kenapa tidak.

Ujung tombak kegiatan insan tak lepasnya dari perlengkapan teknologi. Coba tanyakan pada diri Kamu, kapan terakhir kali dirimu memegang smartphone? Jawabannya niscaya tidak ada yang melebihi sepekan yang lalu, atau sehari yang lalu, bahkan hingga detik ini yang kamu pegang yakni hasil dari kecanggihan teknologi yakni smartphone dan personal computer.

Smart Citizen Day 2019

Membangun Indonesia yang Smart City Melalui Teknologi Membangun Indonesia yang Smart City Melalui Teknologi
Berbicara soal teknologi, pada tanggal 28 Maret 2019 kemarin telah digelar sebuah agenda yang didalamnya menghadirkan kecanggihan instalasi perpaduan seni dan teknologi karya dari anak bangsa. Melalui sebuah perkumpulan yang dihelat di The Tribrata Opus Grand Ballroom inilah rangkaian agenda Smart Citizen Day 2019 digelar. Acara yang menghadirkan sosok pembicara ternama yang berkompeten di bidangnya ini yakni agenda yang sangat cocok untuk diikuti oleh kaum millenials.

Smart Citizen Day 2019 yakni agenda hasil dari persembahan Qlue bersama Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang mengumpulkan aneka macam individu dari aneka macam pihak mulai dari pemerintah, korporasi, KOL/Influencer, akademisi, startup, dan unicorn, investor, pengusaha sosial, dan dari aneka macam media untuk mewujudkan Indonesia Smart Citizen sekaligus mendorong perubahan pelayanan publik supaya lebih transparan dan akuntabel.

Tujuan dilaksanakannya Smart Citizen Day 2019 untuk menambah pengetahuan masyarakat perihal penggunaan teknologi digital yang benar, cerdas dan bijak, serta sekaligus untuk memperkenalkan aplikasi Qlue kepada publik dan untuk mendeklarasikan Smart Citizen pertama di Indonesia dari 34 provinsi di Indonesia. Deklarasi ini juga disaksikan Bapak Presiden Indonesia Joko Widodo dalam bentuk Hologram yang merupakan salah satu kemajuan dari teknologi.

Walaupun Pak Presiden tidak sanggup tiba eksklusif ke agenda Smart Citizen Day 2019, akan tetapi dengan berkat kecanggihan teknologi semua bisa terselesaikan. Melalui Hologram tersebut Bapak Presiden mengucapkan ucapan selamat serta memperlihatkan dukungan penuh terhadap agenda Smart Citizen Day 2019 yang telah terselenggarakan untuk menimbulkan Indonesia yang Smart.

Membangun Indonesia yang Smart City Melalui Teknologi Membangun Indonesia yang Smart City Melalui Teknologi
Peresmian Smart Citizen Day 2019

Setelah itu barulah agenda Smart Citizen Day 2019 diresmikan dengan memakai teknologi face recogniton yang dilakukan oleh Bapak Rama Raditya dan Bapak Darmin Nasution.

Membangun Indonesia yang Smart City Melalui Teknologi Membangun Indonesia yang Smart City Melalui Teknologi
Bapak Darmin Nasution 

Terdapat puluhan lebih pembicara yang hadir dalam agenda ini, ibarat Bapak Darmin Nasution selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan juga ada Bapak Rudi Antara selaku Menteri Kominfo. Dalam diskusi panel ia memberikan kepada masyarakat Indonesia kita jangan Cuma sebagai pengguna teknologi saja, namun juga harus bisa menghadirkan penemuan yang bermanfaat. Tutur Bapak Rudi Antara.

Membangun Indonesia yang Smart City Melalui Teknologi Membangun Indonesia yang Smart City Melalui Teknologi
Bapak Rama Raditya CEO Qlue

Gotong royong di masa teknologi dan digitalisasi ini juga amat penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui pemanfaatan teknologi. Sementara di tempat yang sama turut hadir pula Bapak Rama Raditya selaku Founder dan CEO Qlue ia mengajak untuk kepada masyarakat biar menjadi smart citizen dengan melaporkan setiap problem dan keluhan kepada pemerintah biar segera direspon oleh pemerintah untuk ditindak lanjuti.

Membangun Indonesia yang Smart City Melalui Teknologi Membangun Indonesia yang Smart City Melalui Teknologi
Teknologi Face Recognition

Dalam agenda Smart Citizen Day 2019 terdapat kecanggihan teknologi berbasis Artificial Intelligent dan Internet of Things yang sanggup eksklusif pengunjung lihat dan rasakan sendiri salah satunya ada Face Recognition yang bisa mendeteksi wajah seseorang.

Oh iyaa Kamu udah pada tau belum sih apa itu Qlue? Qlue yakni sebuah platform aplikasi berbasis digital yang bisa melaporkan kinerja pemerintah kepada masyarakat di setiap masing-masing tempat mulai dari hal infrastruktur, layanan publik, dan sebagainya. Diharapkan dengan pemberian aplikasi Qlue semua problem yang ada di lingkungan kita sanggup dengan gampang kita laporkan kepada pemerintah.
Membangun Indonesia yang Smart City Melalui Teknologi Membangun Indonesia yang Smart City Melalui Teknologi
Saat ini Qlue siap mendukung agenda 100 Smart City di Indonesia, terbukti dengan aplikasi Qlue sudah diintegrasikan dan beroperasi di aneka macam kota untuk menimbulkan Smart City yang dihasilkan dari efek kasatmata teknologi. Saat ini Qlue telah hadir lebih dari 15 Kota dan 50 Institusi pemerintah. Qlue yang sudah ada semenjak tahun 2016 yang kemudian telah sukses untuk membantu pemerintah dalam menimbulkan Smart City.

Banyak sekali yang telah Platform Qlue berikan melalui kontribusinya untuk mengatasi solusi publik di sekitar masyarakat dan mengetahui kinerja pemerintah dalam penanganan permasalahan kota di Indonesia.

Berbagai permasalahan mulai dari parkir liar, kriminalitas, akomodasi umum, buang sampah sembarangan kini tidak perlu galau lagi akan melaporkannya kemana. Dalam genggaman smartphone semua problem bisa dilaporkan dengan gampang alasannya yakni adanya Qlue.

Ayo turut andil dan berikan bantuan Kamu dalam upaya menangani permasalahan publik di sekitar melalui aplikasi Qlue. Kamu sanggup mendownload Qlue melalui PlayStore untuk android. Segera laporkan problem di sekitarmu untuk menimbulkan Smart City dengan bijak memakai teknologi yang terus berkembang.

Semoga dengan adanya agenda Smart Citizen Day 2019 bisa meningkatkan kesadaran dan menciptakan masyarakat menjadi Smart dalam memanfaatkan teknologi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar