--> Skip to main content

Tips Mengelola Keuangan dengan Baik dan Benar

Assalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Konten Gaptek - Kali ini saya akan membagikan sebuah ulasan tips dalam mengelola keuangan yang baik dan benar. Tujuan ditulisnya artikel ini supaya kita semua sanggup lebih cerdas dalam mengatur keuangan supaya lebih efisien.

Berbicara duduk kasus keuangan, saya mau nanya sesuatu nih. Pernah ga sih kau sudah lelah kerja hingga pergi pagi pulang sore demi buat mengumpulkan dan mendapat uang, akan tetapi uang yang kau kumpulkan dengan mudahnya lenyap dalam sesaat? Jika kau pernah mengalami hal demikian, niscaya ada yang salah dalam cara kau mengelola keuanganmu itu sendiri.

Kali ini saya akan membagikan sebuah ulasan tips dalam mengelola  keuangan yang baik dan  Tips Dalam Mengelola Keuangan

Sebenarnya setiap orang tidak ada yang namanya mengalami kekurangan keuangan, akan tetapi hanya saja minimnya pengetahuan seseorang dalam tips mengelola keuangannya. Seandainya kalau kita bisa cermat dan cerdas dalam mengatur keuangan niscaya hidup kita akan lebih terkontrol.

Kali ini saya akan membagikan sebuah ulasan tips dalam mengelola keuangan yang baik dan Tips Dalam Mengelola Keuangan

Oke, ibarat ilmu yang saya gres dapatkan ketika program workshop yang diadakan oleh MoneySmart.Id , saya disana berguru perihal keuangan dalam workshop tersebut yang di bawakan pribadi oleh pembicara berkompeten dalam bidang keuangan.

Baiklah pribadi aja nih, dibaca hingga selesai ya guys.

Tips Dalam Mengelola Keuangan

1. Catatlah Laporan Setiap Transaksi Keuangan

Kali ini saya akan membagikan sebuah ulasan tips dalam mengelola keuangan yang baik dan Tips Dalam Mengelola Keuangan Image Source : blog.docoblast.com Laporan keuangan perlu untuk kau catat pada setiap final periode, baik itu final ahad maupun final bulan. Kamu harus tau apa saja pengeluaran dan pemasukkan dalam keuangan mu guys. Makara nanti dengan adanya laporan keuangan kau bakal tau nih apa aja sih yang menjadi pengeluaran mu yang besar dan kecil yang menciptakan keuanganmu pun cepat habis. Sehingga di lalu hari kau bisa lebih meminimalisir hal tersebut.

Perlu diketahui, laporan keuangan disini ada 2 jenis guys :

A. Arus Kas Apa sih Arus Kas? Makara arus kas itu ialah laporan setiap transaksi keuangan baik itu pengeluaran ataupun pemasukan. Saran saya catatlah segala apapun bentuk transaksi keuanganmu walaupun transaksi itu dengan nominal yang kecil. Hal ini agar kita tau betul apa aja yang akan harus kita perbaiki dalam mengelola keuangan nanti.

B. Neraca Apa sih Neraca? Neraca ialah sebuah laporan keuangan pada setiap final periode dengan memperlihatkan taksiran dan nominal keuangan itu sendiri. Laporan keuangan Neraca banyak sekali jenisnya diantaranya ialah neraca saldo yaitu sebuah catatan keuangan yang diambil sesudah laporan keuangan jurnal dan buku besar selesai.

2. Ketahui dan Aturlah Resiko Keuangan

Kali ini saya akan membagikan sebuah ulasan tips dalam mengelola keuangan yang baik dan Tips Dalam Mengelola Keuangan Image Source : apkpure.com Resiko keuangan maksudnya ialah sesuatu hal yang kiranya nanti akan terjadi sesuatu hal yang tak diduga-duga, contohnya ibarat kecelakaan, sakit, atau bahkan hingga meninggal dunia. Jadi kau perlu tau dan cerdas dalam mengelola kerugian finansial dadakan. Nah, untuk mengatasi itu semua perlunya kita mempunyai banyak sekali jenis asuransi untuk melindungi aset kita kalau terjadi suatu hal yang tak disangka dikemudian hari.

Nih ada beberapa jenis perlindungan asuransi yang kiranya perlu kau miliki :

A. Proteksi Individu Proteksi dan asuransi ini dipakai untuk diri pribadi sendiri, yang akan melindungi diri sekaligus bisa menjadi solusi bagi andal waris pada ketika tidak sanggup memperlihatkan penghasilan.

B. Proteksi Aset Proteksi ini dipakai untuk melindungi aset dan harta yang kau miliki contohnya ibarat rumah. Perlu kau miliki alasannya kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi esok hari.

C. Proteksi Usaha Proteksi ini dipakai untuk aset perjuangan yang kau miliki contohnya kendaraan. Seorang pengemudi ojek online perlu sekali dalam memakai dan mempunyai asuransi kendaraan untuk melindungi kegiatan kesehariannya dalam mencari nafkah dari resiko yang mungkin akan datang.

D. Proteksi Masa Depan Proteksi masa depan yang mempunyai kegunaan untuk kebahagaian mu di lalu hari. Ini sangat penting untuk kau miliki.

3. Lakukan Investasi

Kali ini saya akan membagikan sebuah ulasan tips dalam mengelola keuangan yang baik dan Tips Dalam Mengelola Keuangan Image Source : http://muhamadazhari.com Smart Investing mungkin bisa menjadi pola bagi kau dalam mengelola keuangan. Dengan berinvestasi setidaknya kau akan mempunyai simpanan yang bisa kau gunakan nanti kapan saja, kalau ada kondisi darurat. Investasi tampaknya masih sedikit orang yang melakukannya, dikarenakan ketakutan akan mengalami kerugian.

Padahal nyatanya kalau kau melaksanakan investasi , kondisi keuanganmu lebih terkontrol sehingga tidak gampang habis. Sebelum kau melaksanakan investasi alangkah bagusnya kau ketahui apa tujuanmu dalam berinvestasi misal mau buat nikah, pendidikan, atau kebutuhan lainnya. Untuk investasi yang sedang marak ketika ini ialah tabungan saham. Kamu mungkin patut untuk mencobanya.

4. Siapkan Dana Khusus

Kali ini saya akan membagikan sebuah ulasan tips dalam mengelola keuangan yang baik dan Tips Dalam Mengelola Keuangan Image Source : elshinta.com Kalo pada point tadi ialah kau menabung dengan melaksanakan investasi, maka pada point no 4 ini kau harus menyiapkan dana khusus yang akan menimpa kau sewaktu-waktu, ibarat musibah peristiwa alam, kehilangan harta alasannya dicuri, atau kau gres aja abis di pecat dari kerjaan, dan sebagainya.

Bukan berarti saya tidak yakin bahwa tidak akan terjadi apapun pada diri ini, akan tetapi yang namanya musibah kita tidak pernah tau kapan akan terjadi. Maka dari itu perlu sekali dalam menciptakan dana khusus. Mungkin bisa dengan menyisihkan sebagian keuanganmu untuk ditabung , dan sisanya lagi untuk dipakai kebutuhan sehari-hari.

5. Cerdas Dalam Berhutang

Kali ini saya akan membagikan sebuah ulasan tips dalam mengelola keuangan yang baik dan Tips Dalam Mengelola Keuangan Image Source : kaskus.co.id Siapa sih diantara kita yang tidak pernah berhutang? Tentu saja tidak mungkin ada. Setiap insan adakalanya pernah mengalami kondisi ekonomi dan keuangannya lagi sulit maka ia pun terpaksa harus berhutang. Nah, yang jadi masalahnya bukan kau dilarang berhutang, akan tetapi harus kau ketahui mana yang memang benar kebutuhan dan mana yang cuma keinginan.

Jangan hingga kau berhutang hanya demi impian ini itu , nanti kau sendiri malah yang kewalahan dalam membayar hutang tersebut. Berhutang lah untuk hal yang penting ibarat kebutuhan pokok atau berhutang untuk modal usaha. Kalo ibarat itu kan akan lebih efektif.

Nah, itulah ke-5 point yang sekiranya sanggup bermanfaat dalam mengelola keuangan. Jika kau mempunyai tips lain, boleh banget buat di share di komentar ya guys.

Oh iya, kau tau ga sih? Sekarang moneysmart.id lagi ngadain Blog Competition loh. Wah mantep banget kan. Kalo mau tau , sepakat pribadi aja disimak berikut syarat & ketentuannya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar